Minggu, 13 Maret 2011

Misfits, Sekelompok Remaja Berandalan Berkekuatan Super

Alisha Bailey akan membuat sembarang orang yang menyentuh kulitnya menjadi hanya bisa berpikir tentang seks
Menurut kamus Oxford, Misfits mempunyai arti sekelompok orang yang perilakunya terlihat nyata berbeda dari yang sewajarnya, dan biasanya berandalan masuk dalam kategori ini. Serial televisi drama komedi Misfits bercerita tentang sekelompok remaja berandalan Inggris yang mendadak mendapatkan kekuatan super setelah tersambar petir dalam badai es.

Awalnya kelompok remaja berandalan ini dihukum untuk melakukan pekerjaan sosial dalam sebuah community center di Wertham, London. Sewaktu menjalani hukuman mereka membersihkan sampah, sebuah badai es mendadak datang mendekat, dan sebelum mereka sempat berlindung di dalam gedung community center, mereka beserta pengawasnya tersambar petir. Kelly Bailey (Lauren Socha) bisa membaca pikiran orang lain, Curtis Donovan (Nathan Stewart-Jarret) memutar balik waktu jika mengalami emosi penyesalan, Alisha Bailey (Antonia Thomas) akan membuat sembarang orang yang menyentuh kulitnya menjadi hanya bisa berpikir tentang seks, dan Simon Bellamy (Iwan Rheon) bisa menjadi tak terlihat saat tidak ada orang yang memperhatikannya. Satu-satunya yang tampaknya tidak mendapatkan kekuatan super, setidaknya sampai episode ke 5 yang telah saya tonton, adalah Nathan Young (Robert Sheehan).

Kekuatan super yang didapat tampaknya sesuai dengan perilaku penerimanya, seperti Simon yang sehari-harinya penyendiri dan cenderung dijauhi oleh teman-temannya bisa menjadi tak terlihat; Kelly yang kurang percaya diri akan apa yang dipikirkan orang lain menjadi bisa membaca pikiran; Curtis yang mengalami penyesalan karena karirnya sebagai atlet Olimpiade hancur akibat kepemilikan narkoba, membuat dia bisa mengembalikan waktu saat dia mengalami penyesalan; lalu Alisha yang memang cenderung genit mendapatkan kekuatan super yang membuat orang ingin melakukan kegiatan seks. Ini juga yang membuat serial TV ini hanya cocok untuk pemirsa yang berumur 18 tahun ke atas.
Misfits bagi saya sangat menarik. Humor khas Inggris yang lebih vulgar dan tragis ketimbang serial televisi buatan Amerika.


Kekuatan ‘super’ tidak hanya terbatas dialami oleh empat remaja berandalan ini. Pekerja sosial yang menjadi petugas pengawas mereka, Tony Morecombe (Danny Sapani), mendapatkan kekuatan super menjadi sangat kuat, dan sempat membunuh Kelly, namun kekuatan Curtis bisa membalikkan waktu kembali, dan Kelly berhasil membunuh Tony. Sepanjang episode pertama sampai kelima, plot utama Misfits adalah usaha mereka untuk menyembunyikan mayat Tony untuk menutupi kasus pembunuhan ini. Sally (Alex Reid), yang menjadi petugas pengawas pengganti, rupanya adalah tunangan Tony juga, dan dia sangat yakin bahwa para Misfits ini yang terlibat dengan menghilangnya Tony.

Nathan yang tidak mendapatkan kekuatan tampaknya paling sering terpengaruh oleh kekuatan super dari orang lain, seperti Jeremy (Jo Stone-Fewings), pacar dari ibu Nathan, akibat saat badai es sedang mengenang anjingnya di masa kecil, membuatnya setiap malam merasa dirinya adalah seekor anjing. Lalu Ruth (Amy Beth Hayes), seorang nenek berusia 82 tahun, saat badai es mengimpikan untuk menjadi muda kembali, berubah menjadi muda kembali dan sempat berhubungan seks dengan Nathan. Terakhir adalah Finn, bayi berusia 9 tahun yang setelah badai es mampu mempengaruhi orang lain dan membuat Nathan percaya bahwa dia adalah ayah Finn.

Misfits telah memasuki akhir season kedua, tapi saya sendiri baru sempat menonton sampai episode kelima season pertama. Berbeda dengan serial superhero lain seperti The Cape yang terus terang membosankan, lalu No Ordinary Family yang walaupun tidak jelek, namun terasa kurang meyakinkan, Misfits bagi saya sangat menarik. Humor khas Inggris yang lebih vulgar dan tragis ketimbang serial televisi buatan Amerika yang cenderung diperhalus, belum lagi berbagai logat khas Inggris yang bagi saya merupakan penyegaran setelah kebanyakan mendengarkan logat Amerika. Misfits sendiri di tahun 2010 mendapatkan penghargaan sebagai serial drama terbaik dari BAFTA, British Academy Television Awards. Hanya saja karena hampir selalu ada visualisasi hubungan seksual di tiap episodenya, serial Misfits ini hanya cocok untuk ditonton oleh orang dewasa, setidaknya berumur 18 tahun ke atas. 

sumber


0 komentar:

Posting Komentar